//
you're reading...
Islamika, Opini

Maulid Nabi atau Valentine ???

Bulan ini menurut pengamatan saya adalah bulan yg istimewa. Ya,bagi saya istimewa. Karena antara hari Maulid Nabi dg hari yg biasa disebut hari Valentine sangat berdekatan.

Bahkan saat sy menuliskan opini ini,di RW sebelah sedang berlangsung peringatan Maulid Nabi yg cukup unik😀 mengapa? Disalah satu acaranya sebelum pembacaan Qur’an dan pengajian umum ada permainan musik yg menyanyikan lagunya group band indonesia. Baru setelah itu acara dilanjutkan dg pembacaan Qur’an dan diteruskan dg ceramah.

Terus terang,ini adalah hal pertama selama ini yang saya temui. Saya juga tidak tau mengapa hal ini bisa terjadi, apakah karena momentnya maulid Nabi hampir berbarengan dg Valentine atau hal lain, wallahu a’lam. Dalam hal panitia mungkin tidak bisa disalahkan dan sy juga tidak menyalahkan panitia penyelenggara, karena bukan kapasitas saya untuk menyalahkan.

Tp ini cukup menggelitik bagi saya pribadi hehehe. Terus terang saya hanya kwatir ada pencampuran perayaan yg didalamnya ada nilai ibadah bagi ummat muslim. Memang bukan ibadah mahdhoh sich, tp tetap akan sangat riskan jika ada pencampuran/pambauran ibadah.

Tentunya para pembaca blog saya pernah membaca artikel mengenai Valentine. Banyak komentar dan respon yang ada dari artikel tersebut. Saya rasa itu adalah hal yang wajar.

Tp ada kisah yang menarik betapa Nabi sangat menyayangi kita sebagai ummatnya dan sangat menghiatirkannya. Kita banyak belajar di buku-buku sejarah maupun kitab-kitab bahwa manusia yang pertama kali dibangkitkan Allah setelah kiamat adalah nabi Muhammad Saw.

Terjadi peristiwa yang menarik antara malaikat izrail & isrofil keduanya bingung tidak bisa menemukan makam nabi hingga akhirnya Allah memberikan cahaya sampai terlihat bahwa disitulah letak makam nabi saw. Namun kedua Malaikat saling menunjuk untuk membangkitkan nabi Muhammad. Jika dalam bahasa kita kira2 bilang,”kamu yang berhak untuk membangun Muhammad ya izroil”.
“Bukan, bukan aku tapi kamu yang berhak membangunkan Muhammad ya isrofil”. Sampai akhirnya mereka berdua sepakat bahwa Jibril yang berhak utk membangunkan Muhammad.

Yang akhirnya Jibril lah yang membangunkan nabi Muhammad,” kum ya habibi, kum ya kholili”. Disaat nabi Muhammad bangkit,disinilah terjadi peristiwa yang menggambarkan betapa beliau sangat sayang dan cinta kepada kita (ummatnya). Memang apa yang terjadi pada saat itu? Nabi Mhummad bangun layaknya orang tua yang baru bangun dan langsung mencari kesayangannya. Tanpa saya sadari,saya juga demikian. Tiap kali saya bangun biasanya yang saya cari/lihat dulu ya anak saya atau istri saya kalau mereka tidak terlihat didekat saya,”ummi, azzam mana? Azka mana?”.

Lantas, apa yang diucapkan pertama kali oleh nabi Muhammad disaat beliau bangkit? “Aina ummati ya Jibril(dimana ummatku wahai Jibril)…? Ayyu yaumin hadza(hari apakah ini)…?, jibril menjawab,”ini adalah hari dimana manusia dikumpulkan setelah kiamat ya Rosulullah (kr2 demikian dlm bahasa kita hehe)”. Tapi nabi Muhammad tidak bergeming dan tetap bertanya,”Aina ummati (lantas dimana ummatku)…?”.

Nah, mari kita lihat betapa nabi Muhammad sangat mencintai dan menyayangi kita sebagai ummatnya. Lantas seberapa besarkah cinta kita kepada beliau???
Kisah ini menunjukkan kisah betapa rasa sayang dan rasa cinta Nabi kepada Ummatnya dan itu adalah kita, yah…kita adalah sebagian dari ummatnya…ummat Muhammad Saw.
Alih-alih melihat kisah dibalik perayaan hari Valentine yang saya tulis pada link diatas, betapa jauh sekali perbedaannya. Mungkin secara history sama2 mengisahkan cerita tentang kasih sayang dan cinta. Namun, betapa perbedaan makna dan hakikat begitu jauh antara bumi dan langit yang satu mengandung unsur keimanan kepada Nabi Muhammad dan yang satu lagi sebaliknya bahkan mengandung unsur maksiat.

Pertanyaan mendasar kepada saya, anda semua adalah MEMILIH MERAYAKAN MAULID Atau VALENTINE  ? Silahkan dijawab dengan Iman dan hati kita masing-masing.

Wallahu a’lam bishowab.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: